5 Cara Membangun Personal Branding

  • Whatsapp
personal branding

Sons-IT.com – Istilah Personal branding sudah bukanlah hal yang asing di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia terutama di era digital seperti sekarang, sangatlah mudah untuk menemukan platfom personal branding untuk dapat meningkatkan karir dan citra.

Namun sayangnya, tidak banyak orang yang mengerti bagaimana caranya membangun personal branding yang baik agar memperoleh hasil yang optimal, sehingga lumayan banyak artis pemula, publik figur maupun politisi yang menggunakan jasa konsultan komunikasi untuk membangun image pribadi.

Apa Itu Personal Branding?

Secara umum, personal branding dapat diartikan sebagai salah satu praktik memasarkan diri dan karier seseorang menggunakan sebuah cerita yang dibagun untuk meyakinkan khalayak umum.

Suatu personal branding yang baik, umumnya mampu memberikan keuntungan dua arah, baik dari segi pemilik brand ataupun konsumen. Dari segi pemilik, personal branding dapat membantu memuluskan tujuan serta meningkatkan target penjualan yang hendak dicapai, di lain sisi dari segi konsumen akan menjadi lebih percaya dengan produk yang digunakan

Pentingnya Personal Branding

personal branding

Personal branding sangatlah penting dalam lingkup untuk menunjang karir seseorang. Namun, masih banyak pemilik bisnis yang tidak mengerti akan efektivitas branding sebagai penunjang kesuksesan dari bisnis seseorang

Personal branding juga dibutuhkan agar dapat bersaing di era digital ini. Pasalnya, pada jaman yang serba online seperti sekarang ini, bisnis Kamu akan menjadi lebih mudah di tiru oleh para kompetitor yang memiliki modal lebih besar daripada kamu.

Cara Membangun Personal Branding

Ada banyak cara dalam membangun sebuah personal branding. Pertama, dapat menggunakan akun sosial media sebagai salah satu tempat bernaungnya target pengguna. Yang kedua, kamu dapat juga menggunakan website yang memiliki tingkat fleksibilitasnya lebih tinggi sehingga dapat mengakomodir berbagai konten sehari-hari.

Berikut ini redaksi kumpulkan beberapa kiat sukses yang dapat kamu terapkan sebelum membangun sebuah personal branding

Kiat Sukses Membangun Personal Branding Lewat Website

Kenali Diri Anda Sendiri

Berdasarkan pengalaman, bahwa membangun proses branding paling efektif adalah diambil berdasar kenyataan apa adanya, dan cenderung tidak mengada-ada. Sehingga, untuk dapat membangun brand yang kuat maka kamu harus berfokus pada kekuatan diri sendiri.

Sejatinya sebuah branding tidak lahir dari proses manipulasi, walaupun secara teori “bungkusan” yang digunakan termasuk dalam salah satu strategi pemasaran. Untuk itu, kiat paling utama yang harus kamu lakukan adalah mengenali dan mempelajari kelebihan diri sendiri. Setelah menemukan keunikan yang membuat diri kamu lebih menonjol daripada orang lain, tentu saja proses branding akan lebih mudah dicapai.

Jelaskan Profil Diri Semenarik Mungkin

Setelah dapat menemukan poin kelebihan dari diri sendiri yang hendak ditonjolkan, maka pekerjaan berikutnya adalah kamu harus dapat menjelaskan kelebihan tersebut semenarik mungkin agar orang lain dapat melihat potensi serta kelebihan kamu, meskipun belum pernah bertemu secara langsung.

Dengan era digital sendiri semakin memudahkan kita untuk mempromosikan diri sendiri berkat adanya gambar, media tulis (teks), serta video yang dapat dimanfaatkan untuk menjangkau banyak audiens.

Manfaatkan Content Outreach

Salah satu cara yang dapat ditempuh agar branding kamu dikenal lebih banyak orang adalah dengan menjalin kerjasama. Strategi tersebut dapat diperoleh melalui content outreach yaitu dengan menjalin koneksi dengan orang lain yang dapat membagikan dan mempromosikan konten kepada lebih banyak pembaca.

Banyak pihak yang dapat kamu ajak untuk menerapkan strategi ini, contohnya dengan menggandeng tokoh politik, publik figur, hingga para pelaku usaha pada bidang yang sama. Apabila konten kamu dibagikan, atau dikutip oleh para ahli dan pakar dibidangnya, maka pamor kamu otomatis bakal semakin meningkat di mata para pengguna.

Usahakan Untuk Selalu Tampil Representatif

Kamu tentu ingat dengan pepatah “Don't judge the book by it's cover” – jangan menilai buku dari sampulnya. Dalam ranah branding, hal itu tidak berlaku karena sebisa mungkin kamu harus memperhatikan penampilan semaksimal mungkin agar terlihat lebih representatif dan profesional.

Kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan perhatian dengan berbekal tampilan yang baik, sehingga personal branding yang kamu bangun akan lebih mudah diterima

Buat Konten yang Bermanfaat

Karakteristik website berbeda dengan sosial media, serta pergaulan dalam dunia nyata tentunya akan memberikan kamu kelebihan dalam membangun branding yang kuat. Maka dari itu, usahakan untuk membagikan konten positif yang bermanfaat bagi banyak orang sehingga akan memberikan sugesti yang terbentuk dan akan bertahan lama

Kesimpulan

Dalam membangun personal branding yang kuat memanglah membutuhkan waktu dan usaha yang ekstra. Selain itu menerapkan kiat-kiat di atas sebenarnya masih ada beberapa faktor penting lainnya yang akan mempengaruhi tingkat personal branding kamu.

Contohnya seorang Raditya Dika pada awalnya tidak langsung terkenal sebagai komika, akan tetapi lebih ke arah penulis buku komedi yang kerap bercerita tentang kehidupan sehari-hari. Seiring dengan berjalannya waktu, personal branding Raditya Dika akhirnya terbentuk dengan sendirinya, meski pada saat ini dia telah melebarkan sayap sebagai seorang sutradara.

Ketika membangun branding menggunakan website, hosting dan domain memiliki peranan yang sangat penting karena menjadi inti dari platform yang akan kamu kelola.  Oleh sebab itu, janganlah ragu untuk mengunakan layanan jasa pembuatan website terbaik untuk membangun website yang berkualitas.

Sebagai penyedia layanan pembuatan website yang terbaik dan berpengalaman, kami dapat memberikan solusi untuk berbagai macam kebutuhan pembuatan website, maupun pembuatan program yang lainnya. Kami juga menyediakan layanan SEO untuk mengoptimasi website kamu agar berada di halaman pertama Google.

Jadi, Bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik untuk mencobanya?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 1526

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts