Genshin Impact dalam Konsep Open World Memukau

  • Whatsapp
genshin impact

Sons-IT.com – Genshin Impact. Pengembang game role playing (RPG) asal China – Mihoyo – yang pernah mempopulerkan game Honkai Impact 3 tahun 2016, belum lama ini tepatnya tanggal 29 September 2020, merilis game terbaru mereka bernama Genshin Impact. Game ini langsung hadir dalam berbagai platform seperti PS4, PC, iOS dan smartphone Android.

Oleh karena pengembang yang sama dengan Honkai Impact 3, maka game terbaru inipun mengusung tampilan visual serta karakter yang serupa. Visual dari Genshin Impact ini menyerupai film animasi khas Jepang yang memanjakan mata.

Sistem permainan dalam game ini mengandalkan mekanisme hack and slash, sehingga penggunanya diwajibkan untuk mengetuk tombol “menyerang” berulang-ulang untuk membasmi musuh. Namun demikian, ada sejumlah perbedaan yang cukup mencolok yang menjadikan game Genshin Impact lebih asyik untuk dimainkan daripada Honkai Impact 3. Penasaran? Simak artikel berikut yang redaksi rangkum:

Konsep Open World Genshin Impact

Mekanisme gameplay yang lebih kaya

Pada Genshin Impact ini ada beragam misi yang dapat diselesaikan dalam satu peta (map) besar yang bernama “Teyvat”, sehingga para pemain dapat menerima lebih banyak misi dan dapat menyelesaikannya sekaligus.

genshin impactPada game Honkai Impact 3 sebenarnya sudah menyediakan mode open world, akan tetapi misi utama dalam game cenderung lebih fokus pada alur cerita yang dapat diselesaikan satu per satu lewat dungeon (map kecil).

Nah, selain itu sistem pertarungan pada Genshin Impact juga lebih kompleks dibandingkan pada Honkai Impact 3 sebab pemain dapat memanfaatkan tujuh elemen untuk membasmi musuh. Ketujuh elemen tersebut adalah Cryo (es),  Pyro (api), Dendro (alam), Hydro (air), Geo (tanah) , Electro (listrik), dan Anemo (angin).

Masing-masing elemen tersebut memiliki kelemahan dan kekuatan masing-masing terhadap elemen lainnya. Sebagai contoh pemain yang menggunakan elemen Pyro dapat memberikan damage lebih besar pada musuh yang memiliki elemen Cyro/Hydro.

Menambah keasyikan dalam permainan ini, Mihoyo menyajikan sekitar 24 karakter yang dapat dimainkan (playable). Jumlah karakter ini lebih banyak dibandingkan dengan karakter playable pada Honkai Impact 3 yang jumlahnya kurang dari 20.

Karakter pada game ini dibekali dengan senjata, kemampuan (skill) yang memiliki elemen yang bervariasi serta dapat dikombinasikan dalam sebuah tim (max 4 karakter). Uniknya lagi, karakter pada Genshin Impact ini dapat melewati rintangan yang sedang dihadapi, seperti sungai, danau, dan lain sebagainya dengan cara berenang. Sedangkan karakter pada Honkai Impact 3 tidak dapat berenang, namun hanya dapat berlari, melompat, dan lain sebagainya.

genshin impactFitur pembeda lainnya pada Genshin Impact ini adalah sistem memasak alias cooking yang tidak ada pada game Honkai Impact 3. Disini pemain dapat meracik sebuah masakan, dan masakan tersebut dapat dikonsumsi untuk meningkatkan health points (HP), defanse, status attack dan lain sebagainya.

Tersedia gratis di berbagai platform

Perbedaan lainnya game Genshin Impact dan Honkai Impact 3 adalah platform yang dapat digunakan. Pada Honkai Impact 3 hanya tersedia pada platform Android dan iOS, sedangkan Genshin Impact terdapat pada Android, iOS, PC dan PS4.

Selain itu, Genshin Impact juga dipastikan akan hadir pada platform Nintendo Switch, namun jadwal rilis nya belum pasti kapan waktunya. Pada Genshin Impact ini mendukung fitur multiplayer secara cross play (max 4 orang), mirip dengan game Fortnite. Dengan kata lain, pemain yang menggunakan platform berbeda dapat bermain bersama secara online asalkan masih dalam satu server.

 

genshin impactFitur menarik lainnya adalah fitur cross-save dimana dimungkinkan pemainnya dapat menyimpan progress permainan yang tersinkron antar platform. Sehingga, pemain dapat melanjutkan permainannya meskipun menggunakan platform berbeda asalkan masih dalam satu akun yang sama.

Akun yang dapat digunakan untuk menyimpan data pada Genshin Impact cukup bervariasi seperti akun Mihoyo, Twitter, Google, Facebook, Apple (untuk iOS) sampai PSN (untuk PS4). Hal yang perlu diperhatikan bahwa Genshin Impact pada platform PS4 hanya dapat menggunakan akun PSN, maka data tidak dapat di sinkronkan menggunakan akun pada platform lain.

Namun demikian, para pemain PS4 tetap dapat bermain bersama dengan pegguna pada platform lainnya, asalkan dalam satu server yang sama.

Game Honkai Impact 3 maupun Genshin Impact dapat diunduh dan dimainkan secara gratis alias free, namun bagi kamu ingin mendapatkan aneka item premium harus membelinya dengan in-game purchase, seperti item untuk memperkuat karakter dan lain sebagainya.

Spesifikasi Perangkat untuk game Genshin Impact

Dengan visual yang cukup menawan, maka game ini memerlukan spesifikasi yang cukup mumpuni agar dapat dengan lancar bermain.

Spesifikasi PC

Spesifikasi terendah komputer/laptop yang dibutuhkan untuk memainkan game ini adalah menggunakan prosesor (CPU) Intel Core i5 atau sebanding, menggunakan RAM 8 GB dengan kartu grafis (GPU) NVidia GForce GT 1030 ke atas.

Spesifikasi minimum rekomendasi:

– Sistem operasi: Windows 7 SP1 /8.1/10 SP1 64-bit
– Prosesor: Intel Core i5 atau sebanding
– Memori: RAM 8 GB
– GPU: NVIDIA GeForce GT 1030 ke atas
– Versi DirectX: 11
– Harddisk: 30 GB

Kamu yang tertarik untuk memainkan Genshin Impact pada PC dapat mengunduhnya menggunakan tautan berikut link ini

Spesifikasi Smartphone 

Lain hal nya dengan smartphone, untuk pemain yang menggunakan smartphone harus menggunakan smartphone dengan chip Snapdragon 845 atau lebih tinggi, yang dibekali dengan RAM sebesar 4 GB dan ruang media penyimpanan minimal 8GB, serta menggunakan sistem operasi Android 8.1 ke atas.

Bagi pengguna lainnya masih dapat memainkan game tersebut pada ponsel dengan Android versi 7.0 dan RAM 3GB, namun yang terpenting adalah sudah berbasis ARM v8a 64 bit.

Android:

– Syarat kompatibilitas: Perangkat ARM v8a 64-bit
– Memori: RAM 3 GB atau lebih
– Disarankan Android 7.0 ke atas
– Ruang penyimpanan : 8 GB

Perangkat yang direkomendasikan:

– CPU: Qualcomm Snapdragon 845, Kirin 810 atau lebih tinggi
– Memori: RAM 4 GB atau lebih
– Sistem operasi yang disarankan: Android 8.1 ke atas

Jika kamu ingin memainkan Genshin Impact versi Android, kamu dapat mengunduhnya melalui tautan berikut ini

Sedangkan bagi kamu para pengguna produk apple, Genshin Impact hanya mendukung perangkat iPhone 8 plus ke atas, iPad mini (Gen 5), iPad Air (Gen. 3) serta iPad Pro (Gen 2) yang memiliki versi iOS 9.0 ke atas.

iOS

Perangkat yang direkomendasikan:

– iPhone: iPhone 8 Plus, iPhone XS Max, iPhone XS,  iPhone XR, iPhone X, iPhone 11, iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro, iPhone SE (Gen. 2)
– iPad: iPad Air (Gen. 3), iPad mini (Gen. 5),  iPad Pro (Gen. 2) 10,5″, iPad Pro (Gen. 2) 12,9″, iPad Pro (Gen. 3) 12,9″, iPad Pro (Gen. 3) 11″, iPad Pro (Gen. 4) 11″, iPad Pro (Gen. 4) 12.9″
– Sistem operasi yang didukung: iOS 9.0 ke atas
– Ruang penyimpanan : 8 GB

Kamu dapat mengunduh Genshin Impact versi iOS melalui tautan berikut ini

Spesifikasi Playstation 4

Bagi para pemilik PS 4, game Genshin Impact ini mendukung keseluruhan model PS 4 (baik pro, reguler maupun slim) dengan catatan ruang penyimpanan yang tersisa sekitar 30 GB.

Spesifikasi yang direkomendasikan:

– Sistem operasi: Windows 7 SP1 64-bit/Windows 8.1 64-bit/Windows 10 64-bit
– Prosesor: Intel Core i7 atau sebanding
– Memori: RAM 16 GB
– GPU: NVIDIA GeForce GTX 1060 6 GB ke atas
– Versi DirectX: 11
– Ruang penyimpanan diperlukan: 30 GB

Dukungan PS4:
– PS4 (reguler), PS4 Slim, dan PS4 Pro
– Ruang penyimpanan : 30 GB

Game Genshin Impact versi PS 4 ini dapat kamu unduh melalui tautan berikut ini, atau dapat juga langsung mengunjungi PlayStation Store langsung pada perangkat PS4 masing-masing

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 1869

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts